Cara Mudah Merawat Sleeping Bag Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Beberapa waktu belakangan ini Indonesia mempunyai masyarakat sebagai pecinta luar ruangan yang lebih banyak dari pada sebelumnya. Ya, mereka senang melakukan berbagai petualang alam sampai dengan beberapa hari. Tidak heran jika permintaan dari sleeping bag atau kantong tidur saat ini juga terus mengalami peningkatan. Jadi item itu sendiri digunakan untuk memberikan kenyamanan pada pengguna saat berada diluar ruangan seperti hutan ataupun lainnya. Dengan menggunakan perlengkapan tersebut para cinta alam akan semakin nyaman dimana saja mereka beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Sleeping Bag

Semakin banyaknya pecinta alam tentunya menjadi keuntungan sendiri bagi para produsen perlengkapan alam dipasaran. Ini terlihat dari semakin aktifnya para pabrikan yang memproduksi kantong tidur semakin banyak. Mulai dari merk yang sudah terkenal sampai dengan merk abal-abal dengan harga yang murah karena hanya tiruan. Nah, sebagai konsumen Anda harus dapat memilih sendiri mana yang paling tepat dan terbaik. Karena jika salah saja memilih pasti akan mendapatkan yang tidak berkualitas dan hasil akhirnya adalah cepat rusak.

Selain dari memilih barang dengan kualitas yang terbaik, Anda juga perlu memahami mengenai cara pemakaian yang tepat. Satu jenis kantong tidur dengan lainnya pasti mempunyai dasar bahan yang berbeda dan mempengaruhi keawetan dari item tersebut. Apapun itu jenis bahannya yang paling penting memahami cara perawatannya seperti:

1. Pertama setelah Anda selesai menggunakan kantong tidur baiknya untuk segera buka dan angina-anginkan. Karena kondisi kotor dan tidak diberi angina akan membuatnya mudah berjamur atau tumbuh kotoran jahat. Padahal hal itu pasti akan membuat kesehatan Anda saat menggunakan terganggu, makanya jangan lupa untuk segera membersihkan.
2. Jika memang ada bagian yang terlalu kotor bisa bersihkan menggunakan lap basah ataupun siram dengan air. Setelah itu barulah Anda taruh atau gantung pada tempat terbuka supaya sleeping bag Anda kering dan tidak tumbuh jamur.
3. Jangan menyimpan item tersebut pada suhu yang tidak sesuai dan dalam waktu yang lama karena dapat membuat kerusakan. Jika memang Anda jarang menggunakannya bisa menempatkan pada tempat yang longgar supaya tetap mendapatkan angina dan udara yang baik.
4. Setelah lama tidak digunakan dan akan kembali lagi digunakan sebaiknya hempaskan terlebih dahulu supaya kotoran yang menempel tidak mengganggu kesehatan Anda saat menggunakan. Karena dalam tempat penyimpanan tidak ada yang mengetahui kotoran atau debu seperti apa yang dapat menempel pada perlengkapan hiking Anda tersebut.

Itulah beberapa tips merawat secara sederhana dan dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi dari kantong tidur yang tetap baik. Jadi intinya selain dari kualitas perlengkapan tersebut, Anda juga perlu memperhatikan mengenai cara penggunaan yang tepat. Apalagi cara perawatannya supaya Anda bisa meminimalisir kerusakan yang bisa menyebabkan masalah besar. Meskipun saat ini Anda bisa membeli kantong tidur dengan harga yang murah tetapi akan lebih baiknya merawat supaya mengurangi pengeluaran Anda untuk membeli.

Demikian beberapa hal mengenai cara memilih serta melakukan perawatan kantong tidur secara baik dan tepat. Saat ini dengan mudahnya Anda membeli peralatan tersebut karena sudah tersedia dalam toko online. Tetapi seperti yang dikatakan diatas untuk mendapatkan yang terbaik Anda tidak bisa dengan mudahnya tergiur oleh harga murah dari sleeping bag tanpa memperhatikan beberapa hal lainnya. Itulah sedikit informasi mengenai tips mudah mendapatkan kantong tidur yang terbaik, semoga bermanfaat.

Comments