Jenis Penyakit Penyebab Mengalami Haid Terlambat

Anda mengalami haid yang terlambat, namun setelah dilakukan test pack tidak menunjukkan tanda positif kehamilan. Hati-hatilah saat mengalami kondisi ini karena bisa saja telat haid 5 hari yang dialami karena adanya penyakit di dalam tubuh. Ini jenis penyakit penyebab Anda mengalami haid yang terlambat.

Gangguan Tiroid Penyebab Haid Terlambat

1.    Amenorrhea
Jenis penyakit karena adanya gangguan reproduksi dan akan mempengaruhi siklus haid. Penyakit ini bisa dialami dari usia 16 tahun yang dikenal dengan Amenorrhea primer. Jenis penyakit yang bisa dialami jika belum mendapatkan haid di usia itu.

Ada pun jenis Amenorrhea sekunder merupakan jenis penyakit yang terjadi ketika sudah mengalami siklus haid. Biasanya Anda normal namun mengalami masalah dengan tidak haid selama 3 bulan. Kondisi ini terjadi secara berurutan. Meski pun begitu tetap mengalami gejala seperti haid yaitu sakit pinggang dan sakit kepala.

2.    Gangguan Tiroid
Telat haid 5 hari juga dapat terjadi karena adanya gangguan tiroid di dalam tubuh. Kelenjar ini tidak bekerja dengan normal untuk mengatur metabolisme di dalam tubuhnya. Adanya masalah pada bagian kelenjar tiroid dapa diketahui dengan gejala-gejala mudah lelah. Selain itu mengalami penurunan berat badan yang drastis dan juga mengalami kerontokan rambut.

3.    Penyakit Celiac
Selanjutnya jenis penyakit yang dapat menyebabkan masalah haid menjadi terlambat adalah penyakit celiac. Jenis penyakit yang terjadi karena mengonsumsi gluten. Anda akan mengalami diare, lemas, dan anemia. Masalah ini terjadi dan dirasakan setelah mengonsumsi gluten yang merupakan kandungan protein yang ada pada sereal seperti gandum.

Anda perlu hati-hati saat mengonsumsi makanan dengan melihat komposisinya. Kandungan gluten ini biasanya ada pada pasta, sereal untuk sarapan, saus, kecap, roti, dan makanan instan. Pastikan dengan melihat komposisi pada kemasannya. Penyakit ini juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan kerusakan di bagian usus kecil Anda.

4.    Kista
Kista merupakan jenis penyakit yang sudah tidak asing lagi. Penyakit ini kerap mengganggu siklus haid dan sering salah karena dikira sedang hamil. Kista merupakan jenis tumor jinak yang menyerang ovarium Anda. Bisanya siklus haid akan tidak teratur dan bisa mengalami haid dengan rasa nyeri tidak tertahankan.

5.    Obesitas
Jangan angga remeh dengan obesitas karena merupakan jenis penyakit dengan berbagai dampak. Salah satunya dapat membuat Anda mengalami haid yang terlambat. Penting sekali untuk mengontrol pola makan dan menjaga kondisi tubuh agar bisa tetap sehat dan bisa hamil dengan cepat sesuai dengan kondisi kesehatan yang aman.

Beberapa penyakit yang bisa membuat Anda mengalami telat haid 5 hari atau lebih ini mesti diwaspadai. Anda harus menjaga kesehatan dengan baik agar tidak mengalami masalah kesehatan ini. Terlebih jika melakukan program hamil harus sangat hati-hati dalam mengontrol makanan dan juga melakukan istirahat yang cukup.

Comments