5 Kondisi yang Membutuhkan Penanganan dari Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

Ada berbagai macam kondisi kesehatan yang umumnya memang dialami oleh manusia, entah itu serangan penyakit yang sifatnya ringan maupun yang berat. Sehingga tentunya membutuhkan pengobatan yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut. Termasuk juga diantaranya adalah mereka yang pasca mengalami sebuah kecelakaan dan sering kali bermasalah dengan fungsi tubuhnya, seperti mungkin terjadi kecacatan sehingga membuat salah satu bagian tubuhnya hilang, hingga fungsinya yang turun tidak seperti sedia kala, ini harus ditangani oleh spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

Dokter ini biasanya akan memberikan sebuah terapi kepada pasien sesuai dengan riwayat kesehatan yang pernah dialami, dengan tujuan nantinya bisa memulihkan kembali kondisi bagian tubuh yang bermasalah seperti sedia kala. Meskipun begitu jika melihat dari segi waktu yang dibutuhkan untuk pengobatannya juga tergolong cukup lama, bisa sampai berbulan-bulan untuk bisa mengembalikannya ke fungsi normal, bahkan tidak bisa benar-benar pulih seratus persen, melihat dari kondisinya.

Lalu sebenarnya kondisi seperti apa saja yang membutuhkan penanganan dari dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi ini, yaitu:

1. Pasien yang mengalami kecelakaan, biasanya mereka yang mengalami kecelakaan cukup parah akan menderita sebuah cedera sehingga fungsi bagian tubuh tersebut tidak sama lagi seperti dulu, hal semacam ini membutuhkan sebuah terapi, sehingga fungsi tubuhnya bisa kembali seperti dulu.
2. Pasien yang tengah menjalani sebuah terapi sebuah penyakit, terapi tersebut menyebabkan terjadinya kemunduran fungsi di beberapa bagian tubuh mereka, sehingga menyebabkan kesulitan di dalam bergerak atau bahkan resiko mengalami kelumpuhan, sebut saja diantaranya adalah mereka yang menjalani kemoterapi karena kanker atau penyakit-penyakit sejenisnya. Terapi yang dilakukan akan menurunkan fungsi anggota tubuh tertentu sehingga harus dikembalikan seperti sedia kala.
3. Pasien dengan penyakit-penyakit nyeri layaknya arthritis, nyeri punggung dan juga cedera yang sifatnya adalah berulang. Umumnya kondisi semacam ini mengharuskan mereka untuk melakukan terapi sehingga penyakit yang dideritanya bisa sembuh dan menghilangkan rasa nyeri yang dialami tersebut.
4. Berat badan berlebih, mereka yang mengalami obesitas umumnya memang kesulitan di dalam menopang tubuhnya, hal ini dikarenakan ukuran badannya yang terlalu besar atau beat. Jadi akan sangat kesulitan juga jika dipaksakan untuk melakukan aktivitas olahraga, sehingga membutuhkan penanganan dari seorang dokter untuk rehabilitasi, jadi bisa tetap mudah untuk bergerak.
5. Perubahan fase yang terjadi pada kehidupan, maksudnya adalah beberapa orang ada yang mengalami perubahan kondisi pada tubuhnya, khususnya adalah alat gerak dikarenakan oleh faktor-faktor tertentu layaknya wanita sehabis melahirkan, kemudian juga menopause, hal-hal semacam ini tak jarang memang menyebabkannya menjadi kesulitan di dalam bergerak, sehingga mau tidak mau harus dilakukan sebuah terapi untuk mengatasi kondisinya.

Jenis-jenis atau terapi yang dilakukan oleh dokter bagian ini juga sangatlah beragam, mulai diantaranya adalah okupasi, kemudian juga ada fisioterapi, terapi bicara dan banyak lagi diantaranya menyesuaikan dengan kondisi pasien yang bersangkutan tersebut.

Spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi ini bisa dijumpai di rumah sakit besar yang ada di Indonesia, umumnya banyak sekali tenaga medisnya, namun pastikan sebagai pasien juga jangan asal dalam memilihnya. Carilah yang sudah benar-benar berpengalaman atau kompeten untuk menangani kondisi tersebut, sehingga tingkat kesembuhan yang bisa didapatkan juga semakin tinggi. Mengingat bagaimanapun pastinya Anda juga ingin fungsi tubuh kembali seperti semula bukan, agar tidak menyulitkan orang lain.

Comments